Header

Teluk Tamiang Ujung Pulau Yang Eksotik

Pernah berangan angan untuk pergi  jalan2 untuk menikmati pantai yang jernih , suasana pantai yang tenang,gugusan terumbu karang,ikan2 yang mehiasi terumbu karang..masyarakat   kalimantan selatan mungkin belum banyak mengetahui  tempat seperti itu juga ada  di bumi kalimantan selatan  .kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk pergi kesana. Di kabupaten kotabaru tepatnya di  desa teluk  tamiang kita dapat menemukan hal yang tidak kalah dari wisata bahari bawah laut.


Teluk Tamiang Beach

Teluk Tamiang memiliki wisata bahari bawah laut yang tak kalah indahnya, yaitu gugusan terumbu karang. Kejernihan air laut yang dihidupkan dengan berbagai ikan yang beranekaragam jenis.
Untuk  menuju desa  teluk tamiang  yang berjarak 90 Km dari kabupaten kotabaru kita bisa menggunakan taksi pedesaan .  tapi belum adanya sarana transportasi umum yang memadai untuk wisatawan yang ingin menikmati  indahnya terumbu karang. Kondisi jalan yang memperhatinkan juga menjadi kendala perjalanan menuju keteluk tamiang.  Alternatif lain yang bisa dilakukan menuju Teluk Tamiang adalah jalur laut. Meski waktu tempuh relatif lama sekitar 7-8 jam dari Kotabaru menggunakan kelotok (perahu bermesin), yang dimiliki sebagian besar warga desa tersebut.

Kali ini perjalanan captain banua dari banjarbaru bersama crew berangkat keteluk tamiang menggunakan sepeda motor  jarak tempuh banjarbaru-kotabaru yang lumayan jauh kurang lebih 300 km  membuat pantat ini penat  diperjalanan. Sesampai di penyeberangan ferry  tim beristirahat untuk  mengendorkan kaki dan tangan yang dari tadi beraktivitas terus sekitar 6-7 jam dari banjarbaru. Dari penyeberangan tanjung serdang kotabaru dilanjutkan perjalanan sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai keteluk tamiang.
Desa teluk tamiang mayoritas bersuku mandar bugis, mata pencaharian mayarakatnya nelayan,bertani pembudidayaan rumput laut, ikan krapu, mutiara, terumbu karang dan banyak lagi yang lainnya. disini Captain Banua mencoba untuk menelusuri pembudidayaan rumput laut  teluk tamiang.  Sebagian besar kepala keluarga bergantungkan hidup lewat budidaya rumput laut hampir di pinggiran pantai teluk tamiang terdapat rumput laut . Rumput Laut di panen 1 bulan sekali dan perawatan 1 minggu sekali karena akan banyak lumut yang mengganggu pertumbuhan  rumput laut. 

Terumbu karang diteluk tamiang juga tidak kalah menarik untuk di explore hampir di sekitaran pantai banyak terumbu karang yang masih perawan. Kami ditemani pak sulaiman mantan kepala desa teluk tamiang yang pernah menjabat selama 25 tahun sebagai kepala desa,untuk meninjau langsung ke lokasi terumbu karang dengan kelotok balai perikanan.  Cuaca cerah mendukung perjalanan kami sekitar 10-15 menit sesampai dilokasi  kita sudah disuguhi terumbu karang yang terlihat diatas kelotok kedalaman air laut sekitar 2-3 meter dari permukaan laut jelas terlihat.

Banyak orang tidak mengetahui,Kalimantan selatan tepatnya di Kabupaten Kotabaru memiliki potensi bawah  laut yang juga tak kalah dengan provinsi yang lain. Hanya saja potensi wisata yang satu ini kurang mendapat perhatian dari pihak pemerintah setempat. Bahkan, potensi alam bawah laut yang berada di desa Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Barat(Lontar) adalah keelokkan alam bawah lautnya dan keindahan spot landscapenya. Hampir sepanjang garis pantai kawasan itu di penghujung Pulau Laut dengan air laut yang masih jernih,pasir putih itu tumbuh subur terumbu karang beraneka warna dan jenis. Buat para pecinta snorkling dan Diving sangat cocok untuk mencoba sensasi ini diteluk tamiang. Yang disayang sarana alat snorkling dan diving diteluk tamiang tidak tersedia dan kita harus membawa alat sendiri untuk melihat keindahan  bawah laut teluk tamiang.

3 pesan anda:

Iqbal Alghifari said...

wah membaca dari sini aja pengen ngeliat, emang kalsel bisa dan pasti bisa untuk mengembangkan pariwisata khususnya di kotabaru terutama di seluruh kalsel.
moga pemerintah dapat menangkap potensi ini.

Anonymous said...

saya baru 2 bulan di bumi kalsel, sudah jatuh hati sama bumi disini. langsung saya buka travel di Tanjung, MITRA TRAVEL namanya, pasti teluk tamiang saya kunjungi,insya allah...iwan rosadi

annosmile said...

keren banget pantainya..
ombaknya kliatan tenang :D

Post a Comment

Salam sahabat BLOGGER

tanks atas komentarnya semoga bermanfaat...

Related Post