Header

Banjarmasin Traveller Trip Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit Part 1 44

Untuk kesekian kalinya Banjarmasin Traveller mengadakan trip untuk eksplore kalsel, untuk tujuan ini kami memilih pergi kesebuah pulau di ujung barat kotabaru yaitu Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit yang terletak di kecamatan pulau laut barat (lontar). Di postingan sebelumnya saya pernah bercerita tentang Teluk Tamiang Ujung Pulau Yang Eksotik kali ini saya mau bercerita perjalanan ke sana bersama teman2 Komunitas Banjarmasin Traveller.  Dan tidak lupa teman dari Surabaya yang berkesempatan ke kalimantan selatan untuk ikut serta Eksplore Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit.

Tarif Bis Damri (klik gambar mempesar)
Pagi kamis harus bangun pagi dan segera untuk berangkat ke kantor perum damri untuk menunggu bis ke serongga (kecamatan kelumpang hilir), saya memilih berangkat sendiri terlebih dahulu karena ada keperluan di desa tarjun, teman2 menyusul ada yang menggunakan mini bis dan touring menggunakan motor. Jam setengah sepuluh bis datang, penumpang naik sesuai kursi masing2 barang bawaan yang banyak membuat isi bis terasa sempit. Bis damri ini melayani rute Banjarmasin-Sangayam (tanah grogot), saya akan menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam untuk sampai di persinggahan  di Desa Serongga, dari serongga saya melanjutkan perjalanan ke desa tarjun dengan lama perjalanan 1 jam. Untuk berangkat ke Teluk Tamiang dan Tanjug Kunyit seharusnya saya harus turun di pertigaan jalan ferry batulicin dan menyeberang ke tanjung serdang, dari tanjung serdang naik angkutan pedesaan tujuan lontar, lontar ke teluk tamiang bisa menggunakan ojek atau men carter angkutan yang kita tampung dan menambah biaya tarif 40 ribu Tanjung Serdang-Teluk Tamiang.

A Mild Sound Sations Banjarmasin 2012 19

Banjarbaru dan sekitarnya sabtu sore 3 maret 2012 mendung menghitam rasa enggan beranjak untuk pergi ke banjarmasin untuk melihat live music A Mild  Sound Sations yang di selenggarakan Brand Rokok A Mild. Tapi dipikir pikir kapan lagi kita mendapatkan kesempatan untuk melihat pertunjukan musik dengan gratis dengan bintang tamu band terkenal. Tidak hanya ini saya pernah mengikuti acara  A Mild untuk kedua kalinya dengan acara yang berbeda kesempatan, ditahun 2011 dengan tema AS You Like It yang diselenggarakan di Gedung Susu Banjarmasin, A Mild menggebrak dengan mendatangkan band papan atas SLANK, ini kesempatan pertama kalinya bertemu dengan band favoriteku, mengenal Slank lebih dekat dan bisa foto bareng juga mendapat kenang kenangan tanda tangan SLANK. Acara ini benar benar mendekatkan Fans dengan Band Favorite kita. Kok jadi panjang lebar gini, ini hanya sekilas cerita tahun lalu.
AS You Like It 2011
Foto Bareng SLANK (Jaket Slank Ane Gan )
Tiba di Banjarmasin jam setengah delapan malam dengan badan menggigil karena kehujanan untung saja mantel (jas hujan) sedikit berguna mengurangi kebasahan hampir setengah perjalanan banjarbaru-banjarmasin di guyur hujan lebat, sebelum berangkat kelokasi acara kami mampir ke rumah teman untuk bersih2 pasca ke kehujanan sekalian ngajak bareng nonton A Mild Sound Sations .
Tiket A Mild Sound Sations 2012

Tips Jalan Jalan Ala Backpacker Sejati 13

Salam Traveller

Di jaman sekarang travelling tidak harus mahal, sudah banyak yang menyukai hobi ini apa lagi sekarang banyak cara untuk jalan jalan ke suatu daerah dengan biaya murah. Mau itu jalan bareng ramai2 travelling atau menjadi solo traveller (jalan sendiri). Budget pasti kita minimkan apa bila kita rencanakan lebih rinci dan detail. Disini saya mau berbagi pengalaman pribadi saya selama menjadi petualang ala backpacker.

Tips Jalan Jalan  Ala Backpacker Sejati

Tujuan , pastinya kita jalan jalan memiliki tujuan, jangan asal2 an mo aku ini kesini entar kesitu yang ada malah tidak teratur, fokus kepada tujuan kita, mencari info tentang tujuan kita,tempat,peta dan lebih mengetahui situasi daerah disana dengan cari informasi di media online atau referensi lain.

Hunting Tiket , berhubung saya di kalimantan selatan untuk keluar pulau kalimantan hanya dua alternatif naik pesawat terbang atau kapal laut, mungkin harga tiket kapal laut mudah saja dan harganya tetap dan berbeda sedikit bila ada yang mencalokan lebih baik cari di Agen Resmi Tiket Kapal Laut, saya pernah coba beli di Agen darma lautan dengan harga sesuai. Nah disini berburu tiket pesawat murah adalah andalan saya untuk bepergian, kita harus benar2 jeli untuk mengunjungi web tiket online pesawat disini saya sering memantau tiket promo dari citilink,lion air,air asia dll . Hanya citilink dan air asia yang sering memberikan promo super murah terakhir saya beli tiket citilink dengan harga 80 ribu untuk satu kali penerbangan tapi disini kita benar2 harus sabar karena pemesanan tiket ini harus dilakukan 3 bulan sebelumnya.

Bangun Pagi ke Pasar Terapung Lok Baintan 9

Di Pelabuhan Lok Baintan Martapura
Hanya 2 jam merasakan tidur di kursi udah dibangunin untuk perjalanan ke Pasar Terapung Lok Baintan , udara dingin pagi yang menyusup ke tulang rasa ingin kembali tidur tapi mo gimana lagi pasar terapung hanya ada jam 6 - 8 pagi, dan ini sudah tugas saya  mengantarkan peserta Aruh Blogger 2012 menuju pasar terapung yang hanya ada di kalimnatan selatan yang tercinta ini.
Sekilas tentang Pasar Terapung Lok Baintan, terletak di kecamatan Sungai Tabuk Martapura, di namakan pasar terapung karena ibu2 yang menjual bahan pokok bermacam2 hasil pertanian,kebun,ddl di perjualkan disini dengan  menggunakana jukung atau perahu kecil tak bermesin.untuk menuju lokasi pasar terapung Lok Baintan kita harus bangun subuh sekitar jam 4-5 subuh karena pasar ini buka setalah masyarakat selesai menunaikan ibadah shalat subuh. Ada 2 alternatif untuk menuju Pasar Terapung Lok Baintan yaitu menggunakan Perahu Wisata yang biasa bersandar di pelabuhan di muka kodim atau di daerah sungai lulut untuk harga sewa perahu kisaran 200-250  rb ( muka kantor gubernur kalsel) dan 100-150 rb (dari sungai lulut). Alternatif lain jalan darat menggunakan sepeda motor atau mobil untuk mencapai pasar terapung. Disarankan untuk naik perahu saja sambil menikmati aktivitas pagi masyarakat di sungai martapura :)

Di balik cerita Aruh Blogger 2012 14

Kopdar di Bundaran Banjarbaru

Sekitar jam 5 sore waktu setempat acara Aruh Blogger 2012 di tutup dengan kebiasaan se orang blogger wajib narsis untuk foto2 . Sebelumnya manusiahero dan ketua blogger Kayuh Baimbai menjemput tamu dari blogger surabaya mas Nopy beserta istri yang lebih dulu datang untuk ikut memeriahkan Aruh Blogger 2012, besoknya Almascatie dan Daeng Ipul Gassing juga datang ke kalimantan selatan untuk acara ini. Betapa terhormatnya kami sebagai panitia mendapat tamu dari luar kalimantan malamnya kami berkumpul di Murjani untuk Kopdar Blogger, rasanya hambar bila blogger tidak kopdar bertatap muka, ngobrol dan bercerita pengalaman daerah masing2. Setelah puas menikmati jajanan murjani kami melanjutkan ke bundaran Banjarbaru untuk nongkrong sekaligus memperkenalkan kota banjarbaru  lebih dekat kepada tamu yang datang.

Esok harinya kami menuju ke sekumpul martapura untuk berziarah ke guru sekumpul dan belanja oleh2 ke pasar intan martapura, kalo sudah di pusat cinderamata pasti akan kerampokan buktinya daeng ipul, almascatie, dan mas nopy lumayan banyak belanja oleh2 untuk di bawa ke daerahnya. Tidak terasa jam menunjukan jam 3 sore kami harus segera berangkat menuju lokasi acara untuk regitrasi dan akan beramai ramai pergi ke pendulangan intan di desa pumpung cempaka untuk melihat cara mencari intan secara tradisional, martapura sebagai kota intan merupakan penghasil intan terbaik di dunia wajib kita promosikan untuk wisatawan domestik dan international.

Acara pembukaan Aruh Blogger 2012 di buka dengan tarian anak asuh abah arsyad sebagai sesepuh kayuhbaimbai.org ,  salam pembuka oleh ketua pelaksana oleh harie insani putra, dan tidak lupa sambutan dari wakil walikota pak ogi panggilan akrab beliau. malam itu diakhiri dengan sharing komunitas sesama penggiat online.

Saatnya peserta beristirahat dan sangat terpaksa harus bangun cepat untuk menuju lokasi wisata pasar terapung lok baintan besok subuh.

bersambung......

Mengenal Internet Sehat 7

Apa sebenarnya internet sehat?

Ini mungkin cerita basi yang mungkin dibaca sangatlah lama untuk di publish .Saya mengenal internet sehat di solo,tahun 2009 lalu Komunitas Blogger Bengawan Solo mengadakan Seminar "Blogger Tolak Undang Undang IT Pasal 27 Ayat 3" di Universitas Sebelas Maret yang diikuti mahasiswa dan blogger" yang hadir dari bengawan.org , tugupahlawan.com dan saya mewakili Blogger Kalsel kayuhbaimbai.org

Pada seminar ini di jelaskan bagaimana cara kita berinternet sehat di jejaring sosial agar tidak berbuat SARA, membahas kontrovesi Undang Undang IT Pasal 27 Ayat 3 yang isinya

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik

Tukeran Link Yuk 13

Sahabat Blogger blog manusiahero.com yang dulu sudah hilang ditelan waktu, dan kembali ke blog semula manusiahero.blogspot.com kesalahan terbesar yang pernah di buat manusiahero menterlantarkan nasib pagerank 3 manusiahero.com.

Sekarang Blog Manusiahero seperti anak baru yang baru lahir dan mencoba bangkit dari keterpurukan setelah di tahun 2010-2011 miskin posting dan tidak menyapa sahabat blogger yang mungkin kangen manusiahero #gubrak. Semoga semangat baru manusiahero di tahun 2012 ini tidak mengecewakan sahabat blogger :)

Buat teman2 yang bersedia tuker link dengan manusiahero di komen ya.. link sahabat manusiahero akan terdaftar di blogroll sidebar sebelah kanan blog manusiahero.

Salam Manusiahero

Istilah Dunia Blogging 3

Lama tak berbagi ilmu belajar blog sederhana ini, banyak kendala yang di hadapi sekarang sifat malas lah yang mengakibakan blog tak terurus.
Dalam dunia Blog banyak istilah istilah atau sebutan dalam blog yang mungkin anda kurang terlalu mengerti apa definisi kata tersebut. Karena hal itu, dipostingan ini akan mengupas tentang istilah blog lebih detail agar mempermudah dalam pemahamannya.

# Blog : Bentuk Aplikasi Web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah   halaman web umum
# Weblog : istilah lain dari blog
# Blogging : kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam dunia blog
# Blogger : seseorang yang melakukan blogging
# Blogosphere : komunitas dalam blogging
# Posting : kegiatan untuk mengirimkan artikel ke dalam blog
# Photoblogging : sebuah blog yang difokuskan pada dunia Photografi dan gambar-gambar
# Index page : halaman depan dari blog
# Header : bagian paling atas blog
# Footer :bagian paling bawah blog
# Sidebar : kolom-kolom yang berada di sisi blog
# Link : proses untuk menghubungkan ke suatu postingan/kontent atau ke web/blog yang lain
# Archive : sekumpulan/arsip dari semua postingan. Bisa dikelompokkan dalam bulan, tahun
# Categories : sekumpulan/sekelompok spesifik dari beberapa artikel
# Commnets : Kompentar-komentar dari para pembaca blog
# Trackback : berfungsi untuk memberitahu bahwa kita me-link ke postingan atau kontent blog orang lain.
# Blogroll : sekumpulan link yang dijukan ke blog yang lain.
# Template : desain dasar blog.
# Plugin : sebuah file yang berfungsi untuk menambah feature2 blog.
# Dashboard : sebuah tampilan yang berisi kontrol-kontrol, tool, setting dll saat pertama kali kita login ke blog account.
# Blogspot : Layanan blog gratis dari google.
# Wordpress : Salah satu layanan blog gratis yang lain, memiliki fitur yang lebih lengkap daripada blogpot
# LiveJournal : Tolls blogging gratis dari SixApart
# TypePad : Tolls blogging tidak gratis (bayar) dari SixApart.
# Blogoholic : Pecandu Blog.
# Blogorific / Blogtastic Suatu hal yang dahsyat dari perkataan blogger.
# Blogsit : Pemeliharaan blog ketika sang pemilik utama blog sedang bepergian atau sedang liburan.
# Blogvertising : Iklan-iklan yang ada di blog
# Multiblog : menjalankan banyak blog.
# Reciprocal Links / Link Exchange : atau Link Love, saling me-link antara blog yang satu dengan blog yang lain
# Problogger : Blogger yang sudah profesional
# Blogstar : Blogger yang mengoperasikan blog yang sangat populer
# Web Feed : format data yang disediakan untuk user agar bisa berlangganan pada postingan sebuah blog.
# RSS : adalah sebuah file berformat XML untuk sindikas
# Atom : hampir sama dengan web feed
# Photofeed : web feed dengan lampiran gambar

Mungkin itu saja yang bisa disajikan dalam postingan ini, untuk lebih tau lebih luas, bisa cari di google, buku yang berisi tentang dunia blog dll
Belajar bisa dari mana saja sekaran bagaimana kita memanfaatkan ilmu itu semaksimalkan mungkin...

Formulir Online Peserta Aruh Blogger 2012 19

Tidak terasa 20 hari lagi Aruh Blogger 2012 Kalimantan Selatan akan segera dilaksanakn, masih banyak yang perlu dipersiapkan disini perlunya promosi online maupun offline, Blog Manusiahero mencoba ambil bagian untuk mempromosikan dan meninfokan update terbaru tentang Aruh Blogger 2012 nantinya , Setelah koreksi masing2 keperluan masih ada kekurangan dan harus di tambahkan agar rancu.

Dari kritik dan saran Om Yul di Facebook di Formulir Peserta Lomba Menulis Kelas Asyik (KSI) perlu ada perubahan dan di rombak agar lebih sederhana dan mudah untuk dipahami. Untuk Update Terbarunya bisa di Download Disini .

Sekali lagi peserta Aruh Blogger 2012  terbuka untuk umum dan gratis, dan untuk peserta lomba terbatas di kalimantan selatan saja. Peserta wajib untuk mengisi Formulir Onine Peserta Aruh Blogger 2012. Regitrasi Online Peserta bisa di lakukan disini. Tujuan regitrasi online agar mempermudah pendataan peserta yang mungkin bisa dihadari peserta. Buat teman blogger2 Kayuh Baimbai Tetap semangat menjalankan tugas ini.blog

Aruh Blogger 2012 Ruhui Rakat Sabanua 51

Di tahun 2012 ini Blogger Kayuh Baimbai Kalimantan Selatan mencoba bangkit untuk semangat baru kreatifitas untuk melanjutkan Aruh Blogger 2009 yang dulu pernah di adakan di kalsel dengan tema matan kita hagin banua yang alhamdulillah sukses walau masih banyak kekurangannya, sempat terhenti di 2010-2011 kini Blogger Kayuh Baimbai Mempersembahkan Aruh Blogger 2012 dengan tema "Ruhui Rakat Sabanua" , di adakannya acara ini juga memperingati 4 Tahun Blogger Kayuh Baimbai Kalimantan Selatan.

Aruh Blogger 2012 berlatarbelakang mengumpulkan blogger2 di Kalimantan Selatan tidak menutup kemungkinan blogger seluruh indonesia yang bisa berhadir diacara Aruh Blogger 2012, dalam hal ini tidak blogger saja yang kami undang, komunitas2 online yang ada di kalsel khususnya, supaya ikut berpartisipasi agar suksesnya acara ini. sharing komunitas untuk kemajuan teknologi kalsel.

Adapun lomba2 yang diselenggarakan selama rentang aruh blogger 2012 ini yaitu :

* Lomba menulis tentang Kebudayan Banjar. Syarat dan Ketentuan Bisa DOWNLOAD DISINI
* Lomba Fotografi "Human Interest" Informasi lomba selengkapnya DOWNLOAD DISINI
* Lomba Menulis Kelas Asyik Teknologi Informasi (KASTI) Info lomba DOWNLOAD DISINI

Untuk info lengkapnya bisa di buka link Aruh Blogger 2012

Like Fans Fagenya di facebook : https://www.facebook.com/aruhblogger

Follow Twitter Blogger Kayuh Baimbai   : @bloggerkalsel

4 Tahun Bersama Blogger Kayuh Baimbai Kalimantan Selatan 43

Tidak bisa di pungkiri bergabung dengan komunitas adalah hal yang tepat untuk mempunyai teman2 baru, tahun 2008 di sebuah warnet di jalan panglima batur banjarbaru mendapat selebaran dan stiker komunitas blogger banjarbaru menulis(sekarang mungkin vakum). pertama gabung dengan komunitas blogger di sebuah radio  swasta di banjarmasin, merupakan awal malu2 kucing karena merasa jadi anak bawang tanpa mengenal siapapun blog rusuh tanpa karuan , maklum belum bisa ngeblog sebelumnya.

Pasang surut sebuah komunitas adalah hal biasa yang menurut siapapun itu cobaan yang dihadapi komunitas adalah tantangan agar kita lebih kreatif untuk melakukan hal yang lebih baik, Komunitas Kayuhbaimbai  merupakan Komunitas Blogger Kalimantan Selatan, sekarang umur komunitas ini sudah berumur 4 tahun cukup solid untuk sebuah komunitas blogger yang menghadapi masalah yang tidak habis2nya tapi itu bisa dilalui dengan tekad kuat Aruh Blogger 2009 merupakan bentuk semangat blogger kayuh baimbai mengumpulkan blogger di kalimantan selatan khususnya. Alhamdulillah acara itu sukses dan semakin banyak anggota yang ingin bergabung dengan kayuhbaimbai walaupun tujuan mereka berbeda, ada yang ingin belajar nulis,ada yang ingin promosi, ada yang ingin mencari teman dll. intinya blogger, ngeblog belajar untuk menulis dan berbagi  pengalaman kepada yang membutuhkan.
                Selamat Ulang Tahun ke- 4
 Kayuh Baimbai

Semangat Baru Belajar Blog 19

Dua tahun vakum di dunia blog tanpa postingan dibenak yang tidak terposting, pelan pelan hati ini terpaut untuk Belajar Blog lebih dalam, tidak salahnya kita menambah ilmu untuk diri kita dan orang lain, tercatat tahun 2010 - 2011 hanya 18 Postingan.  Mengingat pelajaran blog baru yang semakin tahun Blogger menambahkan fitur yang membingungkan buatku, mungkin faktor vakum ngeblog itu lah faktor utamanya :) . Disini juga sangat menyayangkan tidak meneruskan manusiahero.com yang sudah mempunyai Pagerank 3 tapi tidak apalah penyesalan selalu di belakang, hadapi dengan senyuman. mengenang masa lalu dengan domain tersebut sangat berkesan dengan SERP Google yang sudah di kenal om Google, mendapatkan peringkat ketiga Kontes SEO Belajar SEO Para Pemula dll.

Dari itu tidak salahnya kembali Belajar Blog, Belajar SEO, dan mencurahkan isi hati di blog. Blog menjadi teman kita disaat kita sendiri :) dan tidak lupa untuk cerita Travelling di blog ini akan selalu ada walaupun sudah berpindah ke blog baru Meraba Indonesia :)