Header

Tips Jalan Jalan Ala Backpacker Sejati

Salam Traveller

Di jaman sekarang travelling tidak harus mahal, sudah banyak yang menyukai hobi ini apa lagi sekarang banyak cara untuk jalan jalan ke suatu daerah dengan biaya murah. Mau itu jalan bareng ramai2 travelling atau menjadi solo traveller (jalan sendiri). Budget pasti kita minimkan apa bila kita rencanakan lebih rinci dan detail. Disini saya mau berbagi pengalaman pribadi saya selama menjadi petualang ala backpacker.

Tips Jalan Jalan  Ala Backpacker Sejati

Tujuan , pastinya kita jalan jalan memiliki tujuan, jangan asal2 an mo aku ini kesini entar kesitu yang ada malah tidak teratur, fokus kepada tujuan kita, mencari info tentang tujuan kita,tempat,peta dan lebih mengetahui situasi daerah disana dengan cari informasi di media online atau referensi lain.

Hunting Tiket , berhubung saya di kalimantan selatan untuk keluar pulau kalimantan hanya dua alternatif naik pesawat terbang atau kapal laut, mungkin harga tiket kapal laut mudah saja dan harganya tetap dan berbeda sedikit bila ada yang mencalokan lebih baik cari di Agen Resmi Tiket Kapal Laut, saya pernah coba beli di Agen darma lautan dengan harga sesuai. Nah disini berburu tiket pesawat murah adalah andalan saya untuk bepergian, kita harus benar2 jeli untuk mengunjungi web tiket online pesawat disini saya sering memantau tiket promo dari citilink,lion air,air asia dll . Hanya citilink dan air asia yang sering memberikan promo super murah terakhir saya beli tiket citilink dengan harga 80 ribu untuk satu kali penerbangan tapi disini kita benar2 harus sabar karena pemesanan tiket ini harus dilakukan 3 bulan sebelumnya.


Menyusun Rencana Perjalanan (Litenery), mungkin agak sepele saja tapi ini juga merupakan hal penting untuk menyusun  litenery, biar kita tidak harus mikir dan kada blank bila kita berada disuatu tempat yang baru, maka perlunya kita menyusun itu semua dengan mencari info dari teman, dari media online, dan buku2 trip. 

Hotel / Penginapan/Home Stay, setelah nyusun litenery sekarang kita menentukan/ mencari hotel/homestay yang starategis dari tempat yang kita tuju. Penginapan yang cocok banyak buat backpacker banyak, saya contohkan disini di jogja dan bali. Di jogja terakhir 2009 penginapan di sekitar malioboro 50 ribu satu malam dan bisa di pake berdua mungkin saat ini udah naik tarifnya tapi untuk backpacker itu sangatlah murah . Di bali di daerah legian kuta tepatnya di Popies Line 1, Popies Line 2 banyak penginapan murah setara home stay, terakhir survey 2012 di Popies Line 2 harganya variatif ada yang 30 ribu per kepala dan ada 50 ribu per orang. Kemaren di bali pernah nginap di Bali Dwipa Home Stay 50 ribu perorang. Nah itu hanya pengalaman saya yang pernah saya alami. Sekarang kita bisa cari alternatif lain juga cara nginap yang gratis. Pertama , kata orang banyak teman banyak rejeki, bila kita punya teman di tempat tujuan kita pastinya kita bisa minta bantuan untuk menginap gratis dan biasa plus dapat makannya hahaaha . Intinya kita harus Sopan dengan teman dan dengan orang2 baru. Kedua, nginap di mushola atau di mesjid, pos polisi, pengalaman nginap di mushala pernah saya alami waktu melakukan perjalanan jauh ke Teluk Tamiang  menggunakan motor mata sudah tidak bersahabat,waktu malam sepi dan bingung mencari tempat untuk tidur ,mushala lah yang saya setuju hahaha

Persiapan dan Packing, Perlunya persiapan matang dalam perjalanan sangat membantu manajamennya, apa yang harus dan wajib kita bawa, sekarang saya  mencoba berbagi pengalaman saya waktu melakukan pendakian ke semeru , disini sudah bisa menerka kita akan menuju ketinggian ribuan Mdpl, bawalah jaket tebal,sarung tangan,kaos kaki,kupluk sebagai penahan dingin yang bisa mencapai minus derajat. Mungkin itu hal kecil tapi sangat berguna sekali. Masih banyak lagi yang di persiapkan bila melakukan pendakian cukup itu aja dulu ya sebagai bayangan . Di usahakan Persiapan dan Packing yang teratur, dan harus jeli yang mana yang harus di bawa dan tidak, disarankan pakaian yang mudah kering karena seorang backpacker mengatasi bawa pakaian dikit dan sering mencuci pakainya bila ada kesempatan. Sangat tidak disarankan membawa pakaian yang tidak berbahan jeans, susah kering dan berat untuk di bawa. Ingat bawa seperlunya sesuai dengan kebutuhan anda. 

Peta, tidak salahnya kita bawa peta lokasi yang kita tuju sekarang alat navigasi sudah canggih lewat Handphone saja sudah lengkap fiturnya, tapi setidaknya persiapan itu perlu.

Tips Sederhana untuk berbagi tips dari pengalaman yang saya dapat selama menjadi backpacker .Menjadi Backpacker Sejati merupakan jiwa seorang petualang yang hidupnya untuk jalan jalan, apapun kegiatan/kerjaan seorang backpacker tidak boleh menggagu jalan jalannya :)

13 pesan anda:

novi said...

pantes mas hero sering keliling kemana2. saatnya berbagi tips neh.

Susu Segar said...

wah keren juga ni petunjuknya. . . tinggal nunggu liburan depan buat jlan jalan. . .

Rubiyanto Sutrisno said...

wau keren, bisa jadi referensi menarik jika bisa menyempatkan waktu untuk jalan-jalan ....

Uswah said...

penggggeeeeennn jalan2 :) travelling :)

Sang Cerpenis bercerita said...

ya saya juga pernah cuci baju sendiri pas lagi melancong gitu. biar bawaannya gak bejibun.

manusiahero said...

# mas novi : hehe iya mas lumayan bisa jalan dengan irit he

#susu segar : ayoooo travelling

#rubiyanto : iyah mas

#uswah : mari jalan menikmati alam indonesia

#mba fanny : pengalaman yang mengesan kan he

vie_three said...

tipsnya mantep, aku suka travelling juga. tapiii.... cuma ada satu kendala dalam hidupku, gak dibolehin sama mama (hahaha, ketahuan anak mama yaa...). kalau lagi jalan-jalan sama teman aja ditelpon mulu, udah nyampe mana??? gubrak.

Susu Segar said...

kunjungan sore dulu ah. . . . . da orangnya ndak ya. . .

manusiahero said...

#vie : hehe itu lah kendala anak cewe tapi kan gak pa2 tuh bila bisa jaga diri he...

#susu segar : malam he

atdayyan said...

weh, lain kali bisa dicoba ini tipsnya :D

manusiahero said...

monggo he

ace maxs said...

saya bukan backpacker sejati nih, tapi suka traveling :D

Cara Alami Mengobati Hepatitis | Obat Hepatitis Herbal said...

boleh juga nieh dicoba

Post a Comment

Salam sahabat BLOGGER

tanks atas komentarnya semoga bermanfaat...

Related Post