Header

Acara Adat Basambu (baumang) Desa Luapanggang

Salam Lestari

Udah lama rasanya menanti untuk bisa melihat acara adat desa dayak diloksado kata teman" yang pernah mengikuti acara tersebut..acara meriah dan cultur budaya yang masih melekat yang membuat acara ini unik dan silaturahmi yang melekat benar" terjaga. tanggal 26 kemaren aku dari paringin, kab. balangan sekitar jam 1 siang berangkat keloksado untuk menghadiri acara adat dayak di Desa Luapanggang Kecamatan Loksado Kab. Hulu Sungai Selatan sampai di loksado sekitar jam 3 terus aku bertemu teman seperjuangan mapala apache yang lebih dulu datang dari banjarbaru.

***

Bertepatan juga tanggal 26 kemaren dengan ulang tahun slank ke - 26 aku mo nuliskan sedikit lirik lagu

ALAMI

hijau lepas memandang
daun dan pohon riang
burung biru melintas
ku tak tau namanya
tpi indah, indah sekali
oh..indah sampai kehati
gunung tinggi menjulang
digin menembus tulang
burung kecil bernyanyi ku tak kenal namnya
tapi merdu,merdu sekali
sampai kehati

bodohnya aku yang tak mengenalkan dan tak mengerti
sungguh bodohnya aku yang tak mau bersahabat dengan alam..

PISS buat slank

***



*baru datang dibalai adat luapanggang, narsis dulu*
*di muka panggung sesaji*

Acara adat ini disebut acara adat basambu (baumang) yang bahasa indonesianya bisa kita sebut awal/bamula bercocok tanam or bisa saya bilang benih padi yang mo beranjak dewasa,padi sebelum dipanen di gelar lah acara basambu..acara ini digelar di balai adat desa luapanggang dengan ditengah tengah balai ada panggung yang dihiasi sesaji lamang,kelapa,wadai (kue), anak nasi, ringgitan (pucuk hanau yang diringgit) sesaji tersebut ditempatkan di nyiru..tujuan sesaji tersebut untuk penyampaian kepada roh" halus nenek moyang yang turun temurun dilakukan oleh adat dayak kaharingan.

*hiasan panggung (lalaya)*


 *tarian batandik*
* numpang foto"..hehe*

*coba belajar gendang dari kulit rusa*

Tujuan acara adat basambu ini untuk benih yang ditanam akan menghasilkan padi yang banyak/memuaskan..acara adat ini dimulai jam 7 malam dihadiri tokoh" masyarakat, bapak,ibu,pemuda pemudi,dan bocah" kecil desa tersebut..tidak lupa teman" dari desa malaris,mapala stienas,LP3 yang juga ikut memeriahkan acara tersebut sungguh tertegun hati ini melihat kecerian mereka dan kekeluargaan yang bener"
melekat..acara dimulai dengan jamuan makan" dari warga luapanggang..setelah itu sambutan" dari tokoh masyarakat mereka sangat berterima kasih kepada aku dan teman" yang mo / dapat berhadir diacara adat mereka...Acara semakin malam semakin meriah dengan acara batandik seperti tarian mengelilingi panggung sesaji dengan gendang yang dipukul mengikuti tarian..yang lebih menakjubkan acara batandik ini dilakukan  dari jam 9 malam sampai jam 8 pagi.. Apa gak cape ya mereka yang melakukan batandik itu.. aku dan teman" tidur jam 12 an.. bangun pagi eh ternyata acara belum selesai,sungguh luar biasa orang yang melakukan batandik tersebut... Semangat mereka lah yang perlu kita tanam/tiru dalam diri kita.. semoga budaya seperti ini tidak musnah termakan jaman..Lestarikan adat budaya ini..perlunya pemerintah setempat untuk tetap melestarikan dan menjaga acara adat ini agar tidak punah..

sekian untuk tulisan/cerita perjalanan ku yang sederhana  ini semoga aku dapat berhadir kembali diacara tersebut..dan kembali menikmati alam hijau yang masih alami
terima kasih kepada teman" yang menjamu ku selama di loksado...

foto" yang lain bisa dilihat disini

36 pesan anda:

annosmile said...

tambah narsis nih anak
jalan-jalan terus nih
btw saya tertarik banget ama acara adatnya tuh
belum perah masuk tv ya kayaknya
cos baru denger nama acara adatnya dari blog ini
hehehe..maen2 ke jawa lagi ya

marsudiyanto said...

Wah, saya jadi mengenal budaya yg ada di Nusantara...
Makasih info2nya
Met Tahun Baru

iezul said...

wahh mantap ni....ak yang orang hulu sungai aja, kaga pernah ikutan...hihihi tapi ka loksado rancak haja pang....

Astaga.com lifestyle on the net said...

waaa seru nih, keren,,, jadi pengen jalan2 liat2 upcara adat yang ada di seluruh indonesia.. bisa gak yah kira2.. heheh.. keep share

aidicard said...

untung kada kena pelet urang sana lah... :D

Novianto said...

Dasar narsis

Frenavit Putra said...

Mantaps... baru tahu aku upacara adat kayak gini... kapan-kapan harus main n liat langsung.. hehehe...

iyoong said...

mantaaapp... pantas ae kos ijo pina sunyi... :D

semutbengkok said...

wahh asik juga buat nambah2 pengetahuan tentang adat dari daerah laen ne!!!

bana-GANGSTER said...

wuih ....HEBAT .... ...
eh daerah man grank tuh tmpT ....

Rinie ◕‿◕ said...

wah sekarang sering tur ya... hehheee

rony danuarta said...

nice info....

and thanks atas ilmunya....

Qori said...

keren brur, perjalanannya...

backpacking sambil melihat kebudayaan banua surang...

Sip, kena mun ulun dah lulus al-falah, umpat jua manglah?

Bisnis Online said...

Wah mari kita lestarikan kebudayaan Indonesia

Anazkia said...

Bentar2, mbak ko pangling yah...?? apa nyasar kerumah orang nih....??? ko serasa putih bersih...??? *lanjut baca tulisan dulu yah...???* :D

Anazkia said...

Keren amat Dil... Subhanallah... panjang banget perjalanan Dillah. Jadi pengen cepet2 ke Paringin... :(

rizky said...

menarik sekali kebudayaan EndoensiaH itu yak :D

ALRIS said...

Loksado sudah terkenal. Pengen kesana juga. Trims info-nya.
Salam

sewa mobil murah said...

semoga para blogger memperkenalkan budayanya masing2, sehingga kita bisa melestarikan kebudayaan indonesia.

free backlink said...

lama ga keliling dunia, mampir liat2 bang !

si Rusa Bawean said...

wahhhh
seru nehhh acaranya yaa

:)

Zian X-Fly said...

Ay, raminya lah.

travel surabaya ke denpasar said...

mari kita berbagi informasi kebudayaan biar kita bisa mengenal lebih jauh kebudayaan indonesia.

Deta Deswi said...

Wah asiknya yang jalan2,,, jarang banget sekarang bisa liat acara adat lagi....

Yap, terus jga kebudayaan kita...

Cerita Inspirasi said...

wew.. mantaaap.. budaya Indonesia memang kaya ^^

Bakrie said...

keren sob, acaranya... budaya indonesia memang kaya. kita patut bersyukur...

Kompas Muda said...

keren banget acara adatnya..
jadi pengen ikutan nih....

edda said...

lama gak berkunjung :D

Tecno Blog said...

acara yang mengesankan..,
btw.., lama gak update nih...

Assyafa Anasta said...

kapan2 assyafakita juga akan kesana.. seru..
salam
assyafakita.blogspot.com

Zaiful Anwar said...

Sebuah acara yang sangat menarik

bermain poker said...

wah.., sudah lama gak update..

sewa elf said...

I'll be there....someday

Noor Sjahdy said...

Menyenangkan sekali bisa berada di sana...

blogblogblog said...

wah keren....

download youtube videos to your computer said...

salute dengan adatnya, lanjut gan.

regards,

download youtube videos to your computer

Post a Comment

Salam sahabat BLOGGER

tanks atas komentarnya semoga bermanfaat...

Related Post